mila game

7 Fungsi Wifi Smartphone yang Jarang Diketahui

Fungsi Wi-fi pada sebuah smartphone sudah cukup jelas, yakni membantu penggunanya untuk memperoleh koneksi internet tanpa kabel yang tersedia di sebuah lokasi. Akan tetapi mungkin tidak semua orang tahu bahwa Wi-fi yang tertanam pada sebuah smartphone memiliki fungsi tambahan yang tentu saja meningkatkan kegunaan sekaligus utilitas perangkat. Nah, apa saja rahasia Wi-fi yang belum diketahui pengguna smartphone? Sebelum menjawab pertanyaan ini, sebaiknya kita kenali lebih dulu tentang apa itu Wi-fi dan karakteristiknya.

Mengenal Wi-fi

Ketika ada yang bertanya tentang apa itu Wifi di di hp, jawabannya cukup sederhana: WiFi merupakan jenis teknologi yang menggunakan gelombang radio untuk menyediakan konektivitas jaringan. Koneksi WiFi biasanya dibangun menggunakan adapter wireless, yang pada dasarnya menyediakan area yang disebut hotspot. Area inilah yang kemudian terkoneksi dengan jaringan internet dan disediakan untuk pengguna yang ingin mengakses dunia maya. Konfigurasi WiFi biasanya diset pada frekuensi di antara 2.4GHz – 5GHz, dan didasarkan pada jumlah data yang tersedia di dalam jaringan.
Kebanyakan orang tidak tahu bahwa WIFi adalah sebuah singkatan. Dan benar bahwa tidak banyak orang yang tahu WiFi itu singkatan dari apa. Di luar sana ada banyak teori yang menjelaskan mengenai hal ini, namun umumnya yang disepakati adalah: WiFi adalah singkatan dari Wireless Fidelity.

Lebih jauh tentang Wifi di HP

Ketika teknologi seperti WiFi ditanamkan ke dalam sebuah smartphone, maka perangkat tersebut akan terhubung (tanpa kabel) dengan jaringan internet yang dipancarkan lewat gelombang radio. Sebuah smartphone tentu saja memerlukan hotspot supaya teknologi WiFi di dalamnya bisa terkoneksi ke dalam jaringan internet. Ketika WiFi di hp diaktifkan dan terkoneksi dengan hotspot, maka kecepatannya biasanya lebih kencang dibandingkan jaringan 3G. Dalam beberapa kasus, jaringan WiFi biasanya juga lebih cepat dibandingkan jaringan 4G.
Kebanyakan pengguna smartphone pasti pernah nongkrong di sebuah café yang menyediakan koneksi wireless. Pengguna hanya tinggal memesan makanan maupun minuman tertentu, sambil kemudian berselancar di internet menggunakan perangkat tertentu. Cara seperti ini terbukti  lebih efisien dan lebih murah. Bagi perangkat smartphone, koneksi ke dalam jaringan wireless terbukti bisa menghemat lebih banyak sumber daya baterai dalam pemakaian jangka panjang. Jadi pada dasarnya WiFi di HP terbukti memberikan lebih banyak manfaat, baik dari segi kecepatan berselencar maupun dari segi ketahanan perangkat.

Manfaat Wifi bagi pengguna

Dengan demikian orang bisa segera mengenali manfaat wifi dalam kehidupan sehari-hari. Setidaknya ada empat fungsi wifi yang terbukti memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan koneksi seluler biasa.

1. Kecepatan jaringan yang lebih baik

Di dalam banyak situasi, kecepatan akses internet lebih baik bila smartphone menggunakan koneksi Wi-Fi. Ini disebabkan karena koneksi Wi-FI jauh lebih kencang dibandingkan koneksi seluler biasa. Perbedaannya mungkin tidak terasa bila pengguna hanya memanfaatkan koneksi wireless untuk membaca email atau membuka sebuah laman website. Namun manfaat kecepatan tinggi akan terasa ketika mengunduh file dari internet atau melakukan streaming video maupun audio.

2. Harga koneksi yang lebih rendah

Apakah Kamu pernah memesan segelas kopi di sebuah café berhotspot, kemudian duduk di sana berjam-jam sambil berselancar internet? Harga segelas kopi rata-rata 13.000 rupiah per gelas. Sembari menikmati kopi, seorang pengguna smartphone sudah bisa mengunduh file yang diinginkan. Dari segi ekonomi, koneksi WI-Fi jauh lebih murah dibandingkan koneksi internet seluler biasa.

3. Melindungi kuota data

Ketika menggunakan jaringan wireless untuk terkoneksi ke dunia maya, penggunaan data wireless tidak akan mengurangi kuota data internet Kamu. Dengan kata lain, pengguna smartphone bisa menyimpan sekaligus menghemat kuota dengan hanya memanfaatkan jejaring wireless.

4. Daya hidup smartphone lebih lama

Daya hidup baterai hp sangat penting bagi pengguna, dan di sinilah fungsi wifi menjadi sangat berarti bagi pengguna smartphone. Konon katanya koneksi wireless lebih sedikit menyedot kapasitas baterai dibandingkan dengan jaringan seluler biasa, terutama pada kondisi di mana sinyal seluler naik turun. Karena Wi-Fi biasanya lebih cepat dibandingkan jaringan seluler biasa, maka pengguna smartphone tidak perlu menghabiskan waktu lebih banyak untuk mentransfer data, yang pada gilirannya akan menurunkan kapasitas baterai lebih cepat.
Fungsi Wi-Fi di smartphone yang jarang disadari
Sampai di sini kamu tentu sudah paham tentang apa itu WiFi dan manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari. Tetapi WiFi bukan cuma soal mendapatkan akses internet yang lebih cepat, atau memperoleh akses internet yang lebih murah. Ada loh beberapa fungsi WiFi smartphone yang jarang disadari oleh kebanyakan pengguna hp. Apa aja sih?

1. WiFi di hp bisa jadi modem

Kamu bisa mengubah smartphone menjadi modem, dengan memanfaatkan fitur tathering yang pasti ada di hape kamu. Jadi kamu tidak perlu lagi beli modem, meski kamu tetap harus menghemat kuota supaya tidak cepat habis.

2. Melakukan screen mirroring

Ada banyak aplikasi yang bisa membantu kamu untuk melakukan screen mirroring, salah satunya adalah AirDroid. Screen mirroring adalah sebuah teknologi yang membantu menampilkan tampilan layar smartphone ke laptop kamu. Ini bisa dilakukan selama laptop dan hape berada di jaringan WiFi yang sama.

3. Melakukan transfer file lebih cepat

Tidak membawa kabel data untuk mentransfer file dari hape ke laptop atau sebaliknya? Tidak masalah. Sebab fitur WiFi bisa membantu menghubungkan kedua perangkat tersebut dengan mudah.

4. Membantu menghubungkan hape dengan perangkat lain

WiFi pada smartphone bakal membantu kamu menghubungkan perangkat komunikasi yang kamu punya dengan perangkat lain, seperti action camera atau tongsis. Nah, fitur WiFi yang satu ini jarang digunakan oleh orang lain.

5. Menggunakan smartphone sebagai mouse dan keyboard

Ini bisa dilakukan dengan teknologi WiFi yang tertanam di dalam smartphone kamu. Caranya cukup mudah. Carilah aplikasi bernama Intel Remote Keyboard yang tersedia di Google Play Store atau iOS, dan kemudian kamu bisa menggunakannya untuk mengubah perangkat hape menjadi keyboard atau mouse. Aplikasi ini berguna ketika kamu mendapati kerusakan pada keyboard atau mouse.

6. Menghubungkan kamera DSLR dengan smartphone

Sekarang ini fungsi WiFi sudah diperluas, sehingga kamu bisa menikmati cara baru dalam melihat hasil jepretanmu. Beberapa merk kamera DSLR menyediakan aplikasi smartphone yang bisa membantu pemilik hape untuk menyimpan dan mengedit foto langsung di dalam smartphone. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengendalikan kamera DSLR langsung dari smartphone mu!

7. Menghubungkan printer dengan smartphone

Tahukah kamu bahwa ada beberapa model printer yang dilengkapi fungsi WiFi? Nah, kamu bisa mencetak dokumen atau foto di dalam smartphone kamu menggunakan utilitas WiFi yang terdapat baik di dalam smartphone atau printer yang kamu miliki. Tidak perlu menghubungkan keduanya dengan PC atau kabel!

1 Comments

My Fb



Pengonversi Mata Uang



SuvMine.com - Cloud mining cryptocurrency




REKENINGKU



close
DMCA.com Protection Status